categori

Minggu, 29 Mei 2011

analisi ekonomi dan kebijakan ekonomi

Analisis Ekonomi dan Kebijakan Ekonomi


Ekonomi , seperti ilmu-ilmu sosial lainnya, memiliki dua aspek. Satu aspek analitis dan yang lainnya praktis. Kedua aspek ini adalah sangat penting karena analisis ekonomi adalah dasar untuk kebijakan ekonomi. Ini adalah, pada kenyataannya, bagian integral dari satu sama lain.

Apa itu analisis ekonomi?

analisis ekonomi atau teori ekonomi adalah tubuh prinsip-prinsip ekonomi dibangun sebagai hasil dari penalaran logis. Kita bisa menyebutnya sebagai "dasar alat" dengan mana para ekonom menganalisis masalah ekonomi. Teori ekonomi berasal prinsip-prinsip dari fakta yang secara sistematis diatur dan ditafsirkan. Dalam kata-kata Maconnell, "tugas ekonomi adalah teori untuk sistematis menyusun, menafsirkan dan generalizes pada fakta". Teori ekonomi demikian adalah pernyataan atau satu set laporan tentang sebab dan akibat, aksi dan reaksi.

Langkah-langkah untuk Membuat Teori Ekonomi:

Langkah-langkah utama yang terlibat dalam membangun teori ekonomi adalah sebagai di bawah:
(1) Memilih masalah. Langkah pertama yang terlibat dalam perumusan teori adalah pemilihan masalah yang berkaitan dengan dunia nyata.
(2) Penyusunan hipotesis. Langkah kedua adalah untuk merumuskan hipotesis dari masalah ekonomi untuk dianalisis.
(3) Prediksi. Langkah ketiga yang diperlukan dalam pembangunan teori adalah untuk menarik implikasi dari asumsi dengan cara penalaran logis.
(4) Pengujian prediksi,. Akhirnya prediksi diuji oleh proses observasi dan analisis statistik data.
Teori ekonomi sangat berharga dalam menjelaskan fenomena ekonomi, meramalkan kejadian ekonomi, menilai kinerja ekonomi dan dalam merumuskan kebijakan ekonomi.

Kebijakan Ekonomi:

kebijakan ekonomi adalah upaya untuk merancang tindakan pemerintah dan untuk merancang lembaga-lembaga yang dapat meningkatkan kinerja ekonomi.
Penciptaan kebijakan yang spesifik untuk mencapai tujuan-tujuan ekonomi masyarakat tidak hal yang sederhana dan mudah. Langkah-langkah utama dalam perumusan kebijakan adalah sebagai di bawah:

Langkah-langkah untuk Membuat Kebijakan Ekonomi:

  1. pernyataan tujuan harus jelas. ada menjadi pernyataan jelas tentang tujuan ekonomi yang ingin dicapai.
  2. Pengaruh kebijakan alternatif. Langkah kedua adalah untuk memeriksa dan mempertimbangkan kemungkinan efek kebijakan alternatif yang dirancang untuk mencapai tujuan ekonomi. Sebagai contoh, sementara mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari kebijakan fiskal dalam pencapaian tingkat pekerjaan yang diinginkan, mengubah kebijakan moneter harus tetap di bawah pemeriksaan.
  3. Evaluasi. Langkah ketiga adalah untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan.Proses evaluasi harus kontinu. Jika ada kelemahan ditemukan di dalamnya pada tahap apapun, seharusnya ia memperbaiki.

Tujuan Kebijakan Ekonomi:

Ada sejumlah tujuan kebijakan ekonomi ekonomi yang dirancang untuk mencapai.Tujuan ini:
(1) pertumbuhan ekonomi (2) lebih banyak pekerjaan bagi orang-orang mau dan mampu bekerja (3) manfaat maksimum dengan biaya minimum dari sumber daya produktif yang terbatas (4) stabilitas tingkat harga (5) derajat kebebasan yang tinggi dalam kegiatan ekonomi (6) pemerataan pendapatan (7) penyediaan keamanan ekonomi untuk dinonaktifkan,, pengangguran dll cacat, (8) saldo menguntungkan wajar dalam neraca pembayaran.
Tujuan ekonomi yang harus dicapai berbeda dengan tingkat lapangan kerja di negara ini. Sebagai contoh, negara-negara maju dapat bertujuan untuk mencapai kesempatan kerja penuh, distribusi pendapatan yang tepat dan stabilitas harga dan lain-lain Negara-negara berkembang, di sisi lain, sebagian besar menghadapi masalah pengangguran, ketimpangan distribusi kekayaan, ketidakstabilan harga dll Setiap negara, karena itu, harus memikirkan sistem prioritas untuk tujuannya.
Jika mungkin, di sini juga perlu dicatat bahwa teori ekonomi dibentuk sebagai dasar untuk mengukur kebijakan pada satu waktu tidak berlaku untuk semua waktu yang akan datang. Sebuah teori ekonomi yang benar hari ini mungkin besok usang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar